Kamis, 18 Desember 2014

Cara Membuat Jus Apel yang Nikmat dan Menyehatkan

jus apel
Siapa yang tidak mengenal buah apel. Buah yang memiliki rasa manis ini sangat difavoritkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun kebanyakan orang awam tidak mengetahui bahwa apel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Review di dalam literatur mengungkapkan bahwa konsumsi apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko sejumlah penyakit kronis, termasuk asma, penyakit jantung dan kanker. Penelitian laboratorium diketahui bahwa fitonutrien dalam buah (seperti flavonoid) menampilkan aktivitas tinggi antioksidan dan telah terbukti menurunkan kolesterol, menghambat proliferasi sel kanker dan mengurangi lemak oksidasi.
Begitu dahsyatnya manfaat apel maka benar adanya pepatah “ one apple a day, keep doctor away “.

Buah apel dapat dikonsumsi langsung namun bila anda menginginkan manfaat yang lebih anda bisa melakukan terapi jus. Anda bisa mengkombinasikan apel dengan buah maupun sayuran lainnya yang pasti jus anda akan terasa nikmat dan memiliki khasiat yang bervariasi.

Cara membuat jus apel :

Bahan :
  • 4 buah apel (merah atau hijau)
  • 1 buah jeruk manis
  • 1 batang seledri
  • es batu
Peralatan :
  • Blender
  • pisau
  • pengupas buah
  • saringan
  • gelas
  • alat pemeras jeruk

Langkah-langkah pembuatan:

  1. cuci bersih semua bahan
  2. kupas jeruk lalu peras jeruk kemudian tuangkan ke dalam gelas
  3. kupas buah apel lalu potong-potong
  4. masukkan air jeruk, apel, dan seledri kedalam blender
  5. blender hingga cair
  6. saring dengan saringan
  7. tuangkan kedalam gelas yang berisi es batu
  8. Jus Apel yang nikmat dan sehat siap di minum.

Bila anda memiliki juicer dirumah maka pekerjaan akan lebih mudah. Anda tinggal memotong bahan-bahan lalu masukkan kedalam juicer tanpa perlu repot-repot menyaring.
Selain buah jeruk, anda bisa memvariasikan buah apel dengan buah lain seperti : stroberi, semangka, dan jeruk nipis maupun sayur seperti : wortel, tomat, bayam, dan bit.

Beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh :

  1. Pencegahan Alzheimer
    Studi pada tikus di Cornell University menemukan bahwa quercetin dalam apel dapat melindungi sel-sel otak dari jenis kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit Alzheimer.

  2. Mengobati asma
    Satu studi menunjukkan bahwa anak-anak dengan asma yang minum jus apel setiap hari menderita asma kurang daripada anak-anak yang minum jus apel hanya sekali per bulan. Studi lain menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari wanita yang makan banyak apel selama kehamilan memiliki tingkat yang lebih rendah asma daripada anak-anak ibu makan beberapa apel. 

  3. Baik untuk kesehatan tulang
    Peneliti Perancis menemukan bahwa flavanoid yang disebut phloridzin yang ditemukan hanya di apel dapat melindungi pasca-menopause wanita osteoporosis dan mungkin juga meningkatkan kepadatan tulang. Boron, bahan lain dalam apel, juga memperkuat tulang.

  4. Pencegahan kanker payudara
    Studi Universitas Cornell ditemukan bahwa tikus-tikus yang makan satu apel setiap hari mengurangi risiko kanker payudara sebesar 17 %. Tikus yang diberi makan tiga apel setiap hari risiko mereka dikurangi 39 % dan orang-orang yang makan enam apel setiap hari mengurangi risiko 44 %.

  5. Pencegahan kanker Colon (usus besar)
    Satu studi menemukan bahwa tikus yang makan ekstrak dari kulit apel 43 % lebih rendah risiko kanker usus besar. Penelitian lain menunjukkan bahwa pektin dalam apel mengurangi risiko kanker usus besar dan membantu menjaga saluran pencernaan yang sehat. 

  6. Pencegahan kanker hati
    Penelitian menemukan bahwa tikus yang makan ekstrak dari kulit apel 57 persen lebih rendah risiko kanker hati. 

  7. Mempertahankan elastisitas kulit.
    Apel mengandung vitamin A dan C yang mencegah kulit kendur, serta tembaga untuk mencerahkan dan mengencangkan. 

  8. Pencernaan
    Apel mengandung pencahar alami. Ketika dijus, itu membantu membantu gerakan usus. Hal ini paling efektif bila dicampur dengan wortel dan jus bayam, Anda dapat mengharapkan buang keesokan harinya. Secara teratur makan apel juga akan memastikan gerakan usus karena serat pembentuk gel, pektin. Hal ini meningkatkan kemampuan otot usus untuk mendorong sampah melalui saluran pencernaan.
Demikian cara membuat jus Apel yang nikmat dan menyehatkan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar